Kamis, 21 Juni 2012

Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatu atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab sehrusnya menjadi buah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja atau tidak tidak disengaja, dengan kata lain berbuat sebagai perwujudan akan kewajibannya.

Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai pekerjaan dan statusnya. Suami bertanggung jawab atas keluarganya, istri terhadap anak dan suaminya, pegawai kantor bertanggung jawab pada pekerjaannya, pejabat terhadap jabatan dan yang memilihnya.

Sekarang ini makin banyak orang yang kurang memiliki kesadaran akan tanggung jawabnya. Bisa dilihat dari makin banyak kasus pemerkosaan anak oleh orang tua atau saudaranya sendiri. Ibu yang tega membuang anaknya sendiri. Semua itu merupakan buah dari hilangnya kesadaran atas apa yang sudah diperbuat sebelumnya. Makin hilangnya hati nurani seseorang, makin berkurang juga kesadarannya akan tanggung jawab yang harus di embank.

Tanggung jawab merupakan salah satu sifat kodrati manusia. Sesuatu yang bersifat bawaan dari lahir, dan sudah menjadi bagian alami manusia dalam hidupnya. Tanggung jawab tidak dapat dipaksakan. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya, orang lain tidak dapat memaksakan orang tersebut untuk bertanggung jawab, mungkin hanya bisa menggantikan menanggung tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab dapat dilihat dari 2 sisi, dari pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain yang terkena efeknya. Misal seorang pegawai di kantor tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan pekerjaannya di kantor, pasti kesalahan itu akan membebani atau menjadi tanggung jawab atasannya atau orang lain. Dari sini bisa dilihat si pembuat masalah seharusnya sadar dan bertanggung jawab atas kesalahannya. Dengan demikian dialah yang harus memulihkan kesalahan tersebut agar menjadi normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar