Kamis, 21 Juni 2012

ISD dan IPS

Ilmu Pengetahuan di bagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
- Ilmu Pengetahuan Budaya

Dalam tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai Ilmu Pengetahuan Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial (Sosial Science) lebih menekankan pada pengelompokan disiplin akademis yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Sifat dari IPS ini lebih kepada penyederhaan dan pengelompokan dari ilmu social yang lebih spesifik, di Indonesia IPS ini dijadikan sebagai mata pelajaran dari mulai tingkat abawah (SD) sampai tingkat atas (SLTP/SMA). Bahkan untuk yang ingin mempelajari secara lebih detail dan spesifik, cabang dari ilmu social ini dijadikan sebagai jurusan atau fakultas di perguruan tinggi. Cabang-cabang dari IPS yang bias di pelajari secara khusus diantaranya :
1. Geografi
2. Sejarah
3. Ekonomi
4. Antropologi
5. Politik
6. Psikologi
7. Hukum
8. Sosologi


Sedangkan Ilmu social dasar merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari dan menelaah masalah-masalah social yang terjadi dalam kehidupan social masyarakat. Tujuan diajarkannya ilmu social ini diharapkan kita mampu memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada, sehingga cepat tanggap dalam menghadapi masalah-masalah social yang timbul dalam dan nantinya diharapkan ikut dalam pemecahan masalahnya.

Ilmu Pengertahuan social dan Ilmu social dasar memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya diantaranya yaitu sama-sama merupakan cabang ilmu yang mempelajari kehidupan social masyarakat. Sedangkan perbedaannya ISD mengajarkan pembentukan dan sikap seseorang dalam menghadapi masalah social yang sering di hadapi, sedangkan IPS di berikan untuk meningkatkan keterampilan khusus di bidang cabang ilmu social yang di pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar