Kamis, 21 Juni 2012

Hidup adalah Perjuangan

Hidup adalah Perjuangan. Itulah cara pandang saya pada kehidupan. Hidup itu penuh dengan perjuangan, perjuangan mendapatkan uang, mendapatkan kebahagiaan dan berjuang untuk mendapat Ridha Allah SWT. Yang namanya hidup kadang di atas kadang di bawah. Suatu ketika kita bisa hidup dalam kebahagiaan, kesenangan yang harus di syukuri, tetapi dilain waktu kita hidup dalam penderitaan yang harus di hadapi.

Kebahagiaan dan penderitaan merupakan sifat yang bertolak belakang. Kita berjuang dalam hidup untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, tetapi kadang perjuangan kita tidak maksimal dan akhirnya hanya mendapatkan penderitaan. Tapi, menurut saya, penderitaan bisa membuat kita lebih tegar dalam menjalani hidup. Beberapa kali tersesat dalam menghadapi penderitaan dan masalah, membuat saya mengerti bahwa menderita mengandung banyak hikmah. Berusaha sekuat tenaga adalah perjuangan manusia untuk melawan penderitaan. Mungkin karena sering menghadapi masalah, saya terbiasa untuk tidak cengeng dalam melihat masalah. Dan berusaha lebih tegar menghadapi suatu masalah.

Dengan mengalami dan memahami penderitaan kita akan lebih mensyukuri apa yang sudah kita dapatkan. Lihat saja diluar sana, masih banyak orang yang menderita lebih dari kita. Kita masih punya fisik dan badan yang sehat, masih bisa buka internet dan membaca artikel ini, bisa makan 3x sehari, punya tempat tinggal. Bandingkan dengan pengemis di jalanan, pemulung, dan masih banyak lainnya. Jadi, sepatutnya kita bersyukur diberi banyak kenikmatan oleh Allah SWT. Sering, kita harus melihat ke bawah untuk tahu betapa beruntungnya kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar