Kamis, 14 April 2011

Permintaan dan Penawaran dalam perekonomian

Definisi Permintaan dan Penawaran
Dalam perekonomian pasti ada permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Permintaan
Permintaan yaitu berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.

Hukum permintan adalah ketika Harga naik maka Quantitas akan turun dan sebaliknya,
Faktor – faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Faktor–faktor yang menyebabkan keadaan(hukum permintaan tak berlaku)tidak menjadi ceteris paribus dan mempengaruhi permintaan masyarakat adalah :
1.Selera masyarakat
2.Jumlah pendapatan
3.Intensitas kebutuhan
4.Adanya barang Substitusi
5.Banyaknya konsumen akan produk yang bersangkutan

Permintaan dapat dibedakan menjadi :
1.Permintaan absolut : permintaan yang harus dipenuhi tanpa mempertimbangkan kemampuan
2.Permintaan potensial : permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli
3.Permintaan efektif : permintaan yang benar – benar dilaksanakan

Penawaran

Penawaran dalam ilmu ekonomi, adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain harga barang, tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, harga bahan baku, serta harapan, spekulasi, atau perkiraan.

Faktor – faktor yang menyebabkan hukum penawaran tak berlaku lagi adalah:
1.Kemampuan produsen untuk berproduksi
2.Ekspektasi
3.Ketersediaan factor Produksi
4.Banyaknya perusahaan
5.Jumlah permintaan yang dihadapi perusahaan
salah satu contoh penawaran:

Contoh, saat suatu perusahaan menawarkan suatu mobil terbaru dengan merk x dengan tipe y, dan di bulan sebelumnya perusahaan yang sama mengeluarkan merk x dengan tipe z,setelah 1 bulan penjualan ,ternyata yang lebih banyak di minati adalah laptop dengan tipe y,otomatis barang yang di tawarkan untuk bulan selanjutnya lebih di dominasi laptop tipe y(P naik ,Q naik).

Referensi :
www.e-dukasi.net
wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar